tabungan pendidikan anak

Trik Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak

Sebagai orang tua, Anda pasti sering sekali bertanya kepada buah hati Anda tentang apa cita citanya kelak saat dewasa? Dan anak Anda pun menjawab dengan polos dan begitu percaya diri, seperti : ingin menjadi dokter, ingin menjadi presiden, ingin menjadi polisi, ingin menjadi menteri, ingin menjadi guru, dan lain sebagainya.

Saya pun pernah mengajukan pertanyaan tersebut beberapa kali, dan jawaban dari anak pertama saya adalah dia ingin menjadi polisi, entah apa motif dan tujuannya, tetapi setiap kali saya tanya, jawabannya tetap sama, yakni ingin menjadi polisi. Demikian juga dengan anak perempuan saya, dia menjawab ingin menjadi dokter, dan jawabannya pun tetap sama setiap saya tanya. Lalu apakah yang saya persiapkan untuk mewujudkannya? Saya akan bagikan trik mempersiapkan biaya pendidikan anak melalui artikel ini…

Mendengar jawaban tersebut, saya pun merenung tentang berapa besar biaya pendidikan untuk mewujudkan cita cita mereka, karena kita tahu bahwa untuk menjadi dokter membutuhkan biaya kuliah ratusan juta hingga selesai, dan untuk menjadi polisi membutuhkan biaya yang tidak sedikit juga. Dari situ saya pun mulai merencanakan sebuah tabungan untuk mewujudkan cita cita mereka. Walaupun pada perjalannya cita cita mereka mungkin berubah, tabungan dan persiapan harus tetap kita lakukan.

Adapun trik mempersiapkan biaya pendidikan anak yang efektif dan sangat bagus untuk dipilih oleh siapapun adalah melalui program tabungan pendidikan 2in1, karena mudah dilakukan, memiliki beragam manfaat, serta memberikan berbagai tunjangan untuk orang tua maupun anak yang ingin Anda wujudkan cita citanya.

Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, yaitu :

Perhitungan biaya yang dibutuhkan

Berikut adalah gambaran tentang biaya pendidikan kuliah :

  • Kuliah Ekonomi : Biaya pendidikan + Biaya lain lain : Rp. 319.000.000,-
  • Kuliah Teknik : Biaya pendidikan + Biaya lain lain : 158.400.000,-
  • Kedokteran : Biaya pendidikan + Biaya lain lain : 334.400.000,-

Nilai diatas adalah perhitungan biaya kuliah hingga selesai (4-5 tahun), dengan memperhitungkan tingkat rata rata kenaikan inflasi setiap tahunnya.

Hitung kapan dana akan dibutuhkan

Berapa tahun lagi anak Anda akan membutuhkan biaya pendidikan tersebut? Umumnya adalah pada usia mulai dari 18 tahun, dimana saat tersebut anak sudah mulai mengenyam pendidikan kuliah. Jika saat ini anak Anda masih berusia 1 tahun, maka masih ada waktu 17 tahun untuk mulai menabung hingga anak Anda berusia 18 tahun.

Hitung berapa tabungan bulanan yang harus disisihkan

Kita ambil contoh Anda akan menyekolahkan anak ke kedokteran. Biaya yang dibutuhkan sekitar 350 jutaan. Maka perhitungannya adalah Rp. 350.000.000,- : 204 bulan (12 bulan x 17 tahun) = Rp. 1.715.686,-. Jadi, tabungan bulanan yang harus dipersiapkan tiap bulannya adalah 1,7 jutaan.

***

Program Tabungan Pendidikan 2in1

Setelah hal hal diatas ditemukan jawabannya, maka kita lanjutkan penjelasan tentang program tabungan yang tepat untuk mendukung pencapaian tujuan tabungan kita yakni tabungan pendidikan 2in1 yang ditawarkan oleh Prudential.

Masyarakat kita pada umumnya keliru dalam menentukan pilihan program menabung dengan cara menyimpan uangnya di bank atau deposito. Walaupun secara logika cukup bagus, tetapi apabila dibandingkan dengan program tabungan pendidikan 2in1 dari Prudential, tabungan biasa di bank sangat tidak efektif. Mari kita belajar lebih lanjut tentang perbedaannya melalui perumpamaan dibawah ini :

Kita umpamakan saja Bpk. A menabung 1,7 juta setiap bulan ke salah satu Bank di Indonesia untuk pendidikan kuliah anaknya. Selama 3 tahun, tabungan tersebut lancar disetorkan oleh Bpk. A sehingga terkumpul beberapa puluh juta di rekeningnya. Tapi, di tahun ke-4 Bpk. A mengalami sakit kritis dan harus dirawat di rumah sakit. Menurut Anda, kira kira darimanakah Bpk. A dan keluarga harus menutupi biaya perawatan tersebut?

Beberapa orang menjawab dari BPJS, beberapa lagi dari simpanan lainnya, ada juga yang menjawab dari tunjangan kesehatan tempatnya bekerja, dan lain sebagainya. Namun, apabila semua tunjangan tersebut tidak memenuhi, maka sumber mana lagi yang akan digunakan? Kemungkinan terbesar adalah menjual aset, mengambil tabungan pendidikan anaknya, atau bahkan berhutang.

Kemungkinan seperti itu akan terjadi apabila Bpk. A sakit kritis. Namun apabila ternyata takdir mengharuskan Bpk. A tutup usia, maka yang terjadi akan lebih buruk lagi, yakni terhentinya tabungan pendidikan anak, dan terhentinya pemasukkan untuk keluarga.

————————————————

Sekarang kita ambil contoh Bpk. B. Dia menabung dengan jumlah bulanan yang lebih, kecil yakni 1 juta/bulan untuk biaya pendidikan anaknya kelak. Bedanya Bpk. B, dia tidak menabung di bank, tetapi menabung di tempat yang tepat, yakni dengan cara mengikuti program Tabungan Pendidikan 2in1 Prudential.

Selama 4 tahun Bpk. B lancar menabung. Tapi di tahun ke-5 Bpk. B meninggal dunia! Kelebihan tabungan yang Bpk. B ambil adalah, walaupun dia sudah meninggal dunia, tetapi tabungannya yang sebesar 1 juta perbulan akan tetap diteruskan oleh Prudential hingga usia anak mencapai 18 atau 25 tahun. Jadi, walaupun Bpk. B sudah tidak lagi menyumbangkan kontribusinya berupa tabungan bulanan, anaknya tetap bisa memiliki jaminan mendapatkan biaya kuliah yang dibutuhkan pada waktunya nanti dengan jumlah saldo (nilai tunai) yang lebih besar karena saldo pada tabungan ini akan terus berkembang dan meningkat dari tahun ke tahun.

Kemudian sepeninggal Bpk. A, anaknya mengalami sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Istri Bpk. A tidak perlu mengambil saldo tabungan pendidikan anaknya untuk biaya perawatan, karena tabungan pendidikan 2in1 pun memberikan jaminan kesehatan untuk sang anak hingga usia 55 atau 65 tahun.

————————————————

Khusus untuk tabungan pendidikan 2in1 yang diambil Bpk. B diatas, sebetulnya masih banyak manfaat lain yang akan didapatkan apabila kita memilihnya. Jadi, silahkan Anda pertimbangkan dan bandingkan sendiri, manakah yang memberikan manfaat lebih serta memberikan jaminan biaya pendidikan anak yang lebih pasti, apakah menabung di bank biasa, ataukah tabungan pendidikan 2in1 dari Prudential?

Jika Anda ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang berbagai manfaat lain dari tabungan pendidikan 2in1, jangan sungkan menghubungi saya untuk melakukan janji temu dan tatap muka secara langsung. Sebagai tenaga pemasaran yang berlisensi, saya akan menjelaskan secara detail dan transparan kepada Anda. Informasi lebih lanjut untuk menghubungi saya bisa dilihat DISINI.

***

Demikianlah trik mempersiapkan biaya pendidikan anak yang telah saya pilih! Dan Anda pun bisa mengambil keputusan yang sama. Mengenai pemberian informasi dan prosesnya, saya akan membantu sebaik mungkin, agar banyak masyarakat Indonesia terbantu dengan program tabungan pendidikan 2in1 ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Incoming search terms:

prudentialbandung club/trik-mempersiapkan-biaya-pendidikan-anak/ . mempersiapkan anak menjadi dokter . ansuransi pendidikan ke dokteran .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *