Makanan yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari agar Sehat

Pru Sehat
Prusehat.com - Sebagian besar dari kita memang sangat concern dengan makanan yang disantap setiap harinya. Agar tubuh kita tetap sehat hingga tua nanti. Tentunya pola makan yang sehat juga bisa menjadi penangkal penyakit dan virus COVID-19 yang merebak saat ini. Namun, semuanya harus diimbangi dengan pola hidup sehat dan olahraga secara teratur juga.
Makanan Sehat
Tubuh Sehat

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari


Lalu apa saja makanan yang bisa berfungsi sebagai suplemen alami bagi tubuh Anda? Berikut ini adalah makanan yang baik dikonsumsi setiap hari agar tubuh tetap sehat:

1. Protein


Untuk orang dewasa dan remaja normal yang melakukan olahraga dalam jumlah normal, cobalah makan sekitar satu ons dan setengah ons protein setiap kali makan. Itu adalah antara lima dan enam ons sehari.

Protein sangat penting bagi tubuh. Anda membutuhkan protein untuk membangun atau memperbaiki otot dan tulang, membuat enzim dan hormon, serta menjaga kulit dan rambut Anda tetap sehat.

Daging tanpa lemak dan ayam dan ikan adalah sumber protein yang sangat baik. Vegetarian dapat memilih dari protein nabati yang sama-sama sehat . Seitan, produk gluten gandum, meniru daging saat dimasak.

2. Biji-bijian


Biji-bijian bisa sedikit kontroversial. Mereka adalah 100% karbohidrat dan terlalu banyak karbohidrat yang keras pada tubuh dan garis pinggang. Namun, Anda dapat membuat pilihan yang baik. Gandum murni (bukan gandum utuh), biji-bijian bertunas, dan biji-bijian kuno merupakan sumber nutrisi yang sangat baik.

Pilih roti gandum, pasta, dan sereal. Biji -bijian yang tumbuh kecambah tampaknya lebih baik bagi Anda daripada biji-bijian yang tidak berkecambah dan lebih mudah bagi mereka yang sensitif terhadap gandum untuk dimakan. 

Biji-bijian seperti bayam adalah sumber protein dan nutrisi berkualitas tinggi. Cobalah selama lima hingga delapan ons sehari, tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Tepung putih dan nasi putih benar-benar tidak baik untuk siapa pun dan tubuh Anda dengan mudah mengubahnya menjadi gula, jadi pastikan Anda memilih yang terbaik.

3. Sayuran


Sayuran mentah, dikukus, atau dipanggang baik untuk Anda! Mereka penuh dengan berbagai vitamin, mineral, anti-oksidan, dan nutrisi penting lainnya. Aduk salad sayuran hijau dan sayuran lainnya, tambahkan beberapa biji kacang dan chia di atasnya.

Tambahkan saus rendah kalori seperti cuka balsamic dan minyak zaitun dan nikmati semangkuk anti-oksidan, serat, vitamin, dan minyak sehat. Jika Anda suka alpukat, tambahkan beberapa. Makan alpukat dengan salad membantu tubuh Anda untuk menyerap antioksidan lebih mudah.

Jika Anda menginginkan sayuran kaya protein, pertimbangkan brokoli, bayam, asparagus, artichoke, dan kubis Brussel. Hanya saja, jangan menggorengnya atau menutupinya dengan keju atau mayo.

4. Buah


Cobalah membuat satu hingga dua cangkir buah sebagai makanan penutup. Buah adalah sumber vitamin dan antioksidan. Mengunyah membodohi otak Anda untuk mengatakan bahwa tubuh Anda penuh dan serat dalam buah meningkatkan perasaan kenyang.

Jus buah tidak masuk hitungan! Seringkali sebagian besar gula dan tidak mengandung serat. Anda akan makan lebih banyak dari pada porsi buah jika Anda memilih untuk minum jus.

5. Susu


Jika Anda bisa makan makanan susu, cobalah tiga cangkir sehari. Yogurt dan susu Yunani biasa adalah sumber protein dan kalsium yang sangat baik.

Jika Anda tidak mampu atau tidak mau makan produk susu, cobalah sereal yang diperkaya kalsium, roti gandum, ikan kaleng (sarden, salmon dengan tulang), collard dan lobak hijau, kangkung.

6. Minumlah Sesuatu yang Sehat


Minumlah air putih atau teh tanpa pemanis untuk santapan Anda. Jika Anda menyukai anggur merah , nikmati segelas bersama makanan Anda.

Ada bukti bahwa anti-oksidan yang disebut polifenol dapat mencegah kerusakan pembuluh darah, mengurangi kolesterol jahat, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Para ilmuwan terbagi atas efek kesehatannya, tetapi satu gelas saat makan malam mungkin tidak akan sakit.

Baca juga: Makanan yang Baik untuk Jantung Anda

Kesimpulan


Makanlah setiap hari dengan makanan seimbang. Protein tanpa lemak, biji-bijian, susu, dan buah-buahan dan sayuran penting untuk menjaga Anda tetap sehat.
Comments