5 Minuman untuk Menjaga Ginjal Anda Tetap Sehat

Pru Sehat
Pru Sehat, 5 Minuman untuk Menjaga Ginjal Anda Tetap Sehat – Halo sobat, apakah Anda sudah pernah membaca artikel tentang minuman untuk menjaga ginjal?, Jika ingin tahu lebih lanjut Anda bisa membaca artikel tentang minuman apa saja yang disarankan para ahli agar ginjal Anda tetap sehat dan bersih. Simak yuk! artikel tentang minuman untuk menjaga ginjal dibawah ini hingga tuntas.
Minuman untuk Menjaga Ginjal
Minuman untuk Menjaga Ginjal

Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Dalam manusia dewasa, ukuran ginjal sekitar 11 sentimeter panjangnya. Ginjal menerima darah dari sepasang arteri renalis, dan darah keluar lewat vena renalis. Setiap ginjal berhubungan dengan ureter, tabung yang membawa urin keluar ke kandung kemih. Wikipedia

Minuman Terbaik untuk Menjaga Ginjal


Ginjal juga berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Untuk itu ginjal membutuhkan asupan minuman yang sehat untuk melakukan pekerjaan dengan baik. 

Untuk memastikan ginjal bekerja dengan baik, Anda hanya perlu memastikan agar tetap terhidrasi dengan baik. Namun, tidak semua minuman baik untuk kinerja ginjal Anda.

Berikut ini adalah 5 minuman terbaik untuk menjaga ginjal Anda tetap sehat dan bersih:


1. Air

Minuman untuk Menjaga Ginjal

Air putih sangat baik untuk ginjal Anda. Ketika Anda terhidrasi dengan baik, ginjal Anda lebih mudah melakukan pembilasan racun. Ketika Anda mengalami dehidrasi, ginjal harus menggerakkan lumpur racun yang lebih tebal dan dapat mengeluarkan air dari organ Anda yang lain untuk menyelesaikan pekerjaan.

Minum banyak air juga berarti ada cukup cairan untuk dikeluarkan dalam bentuk urin. Semakin sedikit urin yang Anda hasilkan, semakin lama racun dan mineral pembentuk batu berkeliaran di ginjal dan saluran kemih Anda.

Asupan air perlu dikalibrasi ke tingkat aktivitas Anda, seberapa banyak Anda berkeringat, dan diet Anda secara umum. Bertujuan untuk menghasilkan urin yang sangat kuning muda atau jernih, karena semakin gelap, semakin banyak tekanan ginjal Anda.


2. Minuman jahe

Minuman untuk Menjaga Ginjal

Jahe dari dulu digunakan dalam pengobatan, karena jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol yang dapat menghambat penyebaran bakteri. Ini mengurangi ketegangan pada ginjal dan hati yang terlalu banyak bekerja .

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe juga dapat membantu mengendalikan gula darah tinggi kronis, yang sangat merusak ginjal Anda. Pada orang sehat, minum teh jahe dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Pada orang dengan diagnosis diabetes, itu dapat melindungi terhadap komplikasi terkait ginjal.

Gingerol juga sering digunakan untuk meningkatkan pencernaan yang sehat dan bahkan mengurangi peradangan dan rasa sakit di seluruh tubuh Anda. Itu banyak alasan bagus untuk menikmati teh jahe setiap hari. 


3. Minuman Anggur

Minuman untuk Menjaga Ginjal

Minum anggur dalam jumlah sedang telah terbukti menurunkan risiko penyakit ginjal sekitar 37%. Dan di antara orang-orang yang sudah memiliki penyakit ginjal, mereka yang minum agak kurang dari satu gelas anggur per hari adalah 29% lebih kecil kemungkinannya untuk menyertai penyakit kardiovaskular.

Namun, jangan konsumsi anggur dengan berlebihan. Minum terlalu banyak akan melakukan kebalikan dari apa yang ingin Anda capai. Tidak hanya dehidrasi, itu juga memiliki efek buruk pada fungsi ginjal dan dapat meningkatkan tekanan darah Anda.


Minum satu gelas sehari atau kurang untuk menuai manfaatnya tanpa merusak ginjal Anda. Sehubungan dengan penelitian ini, tampaknya tidak ada perbedaan antara anggur merah dan putih, meskipun anggur merah memang mengandung senyawa yang disebut resveratrol yang dianggap meningkatkan kesehatan jantung juga.


4. Jus Cranberry

Minuman untuk Menjaga Ginjal

Anda mungkin pernah mendengar bahwa jus cranberry baik untuk mencegah dan mengobati infeksi saluran kemih. Ini karena cranberry memiliki senyawa yang mampu menghentikan e-coli yang berkeliaran di saluran kemih. 

Jus cranberry juga baik untuk ginjal Anda karena merupakan bagian dari saluran kemih. ISK yang tidak diobati dapat berpindah dari kandung kemih ke ginjal dan menyebabkan infeksi serius yang disebut pielonefritis . Jika itu tidak diobati, itu dapat menyebar ke aliran darah dan menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa. 


5. Jus Lemon dan Jeruk Nipis

Minuman untuk Menjaga Ginjal

Jeruk kaya akan sitrat, yang dikenal membantu mencegah batu ginjal. Kondisi menyakitkan ini umumnya terjadi ketika kalsium berikatan dengan mineral lain dan membentuk kristal. Kristal-kristal ini akhirnya mengumpul, membentuk batu yang kemudian harus melewati saluran kemih dalam perkembangan yang menyakitkan.

Mendapatkan lebih banyak sitrat dalam diet Anda melalui jus lemon dan jeruk nipis dapat menghentikan kalsium dari pengikatan dengan mineral-mineral lain ini serta menjaga kristal apa pun yang sudah ada di ginjal Anda agar tidak saling menempel membentuk batu.

Caranya adalah memastikan bahwa Anda tidak minum banyak gula tambahan dengan jus Anda. Cobalah limun tanpa ditambahkan gula, atau gunakan sedikit gula sebagai alternatif untuk mengurangi rasa getir. Anda juga bisa membuat minuman lemon atau jeruk nipis sendiri dengan menambahkan sebanyak mungkin jus jeruk murni ke segelas air. Anda bahkan mungkin menambahkan beberapa lemon ke teh jahe Anda untuk dosis ganda dukungan ginjal.
Baca juga: Makanan yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari Agar Sehat

Akhir Kata


Sekian artikel dari Pru Sehat yang bisa admin bagikan, tentang 5 minuman untuk menjaga ginjal anda tetap sehat, dimana ginjal Anda berurusan dengan produk-produk limbah tubuh, mengabaikan rasa sakit ginjal dapat menyebabkan infeksi berbahaya jika limbah didorong kembali ke aliran darah. Cara terbaik untuk menjaga ginjal Anda tetap bersih dan berfungsi dengan baik adalah tetap terhidrasi. Air putih adalah hal yang paling dibutuhkan oleh ginjal.

Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke prusehat.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi admin@prusehat.com. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Hidup Sehat selanjutnya.
Comments