Cara Mengobati Sakit Tenggorokan ala SehatQ.com

Pru Sehat
Pru Sehat, Cara Mengobati Sakit Tenggorokan ala SehatQ.com – Tahukah Anda cara mengobati sakit tenggorokan?, Jika Anda ingin mengetahuinya, maka sudah tepat jika berkunjung di blog ini. Nah, artikel kali ini akan mengupas tentang cara mengobati sakit tenggorokan dengan bahan-bahan alami. Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca artikel tentang cara mengobati sakit tenggorokan dibawah ini hingga tuntas.
Cara Mengobati Sakit Tenggorokan
Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan dengan Bahan-bahan Alami


Bagi Anda yang mengalami sakit tenggorokan, ini dapat menjadi pertanda awal dari pilek dan flu, efek samping dari pita suara yang menegang, atau sebuah indikasi dari sesuatu yang lebih serius, seperti radang tenggorokan. Sakit tenggorokan memang benar-benar menyakitkan dan membuat Anda tidak nyaman. 

Namun Anda jangan panik terlebih dahulu, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau dengan aplikasi kesehatan. Atau bisa dengan perawatan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah Anda. 

Berikut ini adalah cara mengobati sakit tenggorokan dengan bahan-bahan alami, yang bisa dilakukan di rumah:


1. Kumur-kumur dengan Air Garam


Cara ini biasanya digunakan untuk meredakan sakit gigi, namun berkumur dengan larutan air garam juga bisa dilakukan sebagai cara mengatasi sakit tenggorokan.

Garam mampu mengurangi pembengkakan, dengan menarik air keluar dari jaringan tenggorokan. Tak hanya itu. Air garam juga dipercaya mampu membunuh mikroba, yang ada di saluran tersebut.

Caranya sebagai berikut:
  • Campurkan satu sendok teh garam, ke dalam satu gelas air hangat.
  • Setelah mengaduknya, berkumurlah dengan larutan tersebut, satu kali setiap satu jam.

2. Konsumsi madu


Khasiat madu juga dapat meredakan sakit tenggorokan yang mengganggu. Anda bisa langsung meminum madu beberapa sendok, atau mencampurkannya ke dalam teh hangat.

Berdasarkan penelitian ilmiah menyatakan bahwa mengonsumsi madu lebih efektif untuk meredakan batuk, dibandingkan dengan obat batuk komersial. Madu juga terbukti sebagai direktori obat yang tepat untuk mengatasi sakit tenggorokan.


3. Gunakan Cuka Apel


Cuka apel dikenal sebagai bahan yang bersifat antibakteri. Dengan sifat keasamannya, cuka apel dapat memecah lendir di tenggorokan, serta menghentikan penyebaran bakteri. Beragam penelitian membuktikan, cuka apel mampu melawan infeksi.

Jika sakit tenggorokan melanda Anda, coba cara ini:
  • Larutkan 1-2 sendok teh cuka apel, ke dalam satu gelas air. 
  • Setelah itu, Anda bisa berkumur menggunakan larutan tersebut, serta menelannya sedikit.

Anda bisa mengulangi proses ini, 1-2 dua kali tiap jamnya. Pastikan Anda juga mengonsumsi air putih yang cukup, di antara jam-jam berkumur dengan larutan air cuka apel.


4. Minum Air Lemon


Dengan meminum air lemon Anda juga bisa mengatasi sakit tenggorokan. Pasalnya, lemon mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun, serta molekul antioksidan lain, yang dapat mencegah penyakit.

Lemon juga dapat meningkatkan produksi air liur. Peningkatan ini dapat membantu selaput lendir, untuk senantiasa berada dalam kondisi lembap.

Anda dapat mencoba cara berikut ini:
  • Cobalah untuk mencampurkan perasan lemon, ke dalam air hangat. 
  • Untuk hasil yang maksimal, tambahkanlah madu atau air garam.


5. Gunakan Minyak Kelapa


Minyak kelapa juga menyejukkan, karena mampu melumasi kelenjar lendir di tenggorokan. Teteskan satu sendok makan minyak kelapa ke teh hangat untuk redakan sakit tenggorokan.

Minyak kelapa pun bisa Anda tambahkan ke makanan lain, sebagai pereda sakit tenggorokan. Misalnya, dengan meneteskan satu sendok makan ke dalam sup, satu gelas teh hangat, atau ke satu cangkir cokelat hangat. Anda juga bisa meminum langsung satu sendok bahan makanan ini.

Baca juga: 5 Minuman untuk Menjaga Ginjal Anda Tetap Sehat


Penutup



Sekian artikel dari Pru Sehat yang bisa dibagikan, tentang cara mengobati sakit tenggorokan ala SehatQ.com, dimana Anda bisa menggunakan bahan alami di rumah, sebagai cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami. Semoga bermanfaat! Jangan lupa share artikel ini agar orang lain terbantu dengan adanya informasi dalam artikel ini. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Hidup Sehat selanjutnya.
Comments