Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

Pru Sehat, Apabila Anda sedang mencari informasi tentang manfaat buah tin untuk kesehatan, maka Anda sudah menemukan artikel yang pas, karena dalam artikel ini akan diberikan penjelasannya secara faktual.


Manfaat Buah Tin bagi Kesehatan

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan
manfaat buah tin untuk kesehatan

Buah tin merupakan salah satu buah yang disebutkan di dalam Al-Qur’an karena memiliki keistimewaan yang banyak sekali bagi kesehatan. Dalam sebuah hadist, buah tin adalah salah satu buah yang diturunkan dari surga. Hal inilah yang kemudian membuat buah ini dijuluki sebagai buah surga.

Buah berkulit ungu ini dulunya banyak tumbuh di Asia Barat, dan termasuk buah yang sudah sangat tua di dunia, bahkan dipercaya sudah ditemukan pada 5000 SM. Tak ayal, banyak orang yang ingin mendapatkan khasiat buah tin. Apa saja manfaat buah tin untuk kesehatan:

1. Mencegah Diabetes


Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa daun tin dapat membantu mengatur gejala diabetes. Sebuah studi 2016 yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ficusin, ekstrak dari daun pohon tin meningkatkan sensitivitas insulin dan memiliki sifat antidiabetes lainnya.

Penelitian yang dilakukan terhadap hewan tersebut di tahun 2003 menunjukkan bahwa ekstrak tin dapat berkontribusi pada perawatan diabetes dengan menormalkan asam lemak darah dan tingkat vitamin E.

2. Menjaga Berat Badan


Khasiat buah tin adalah dapat menjaga berat badan. Serat dalam buah tin dapat membantu menurunkan berat badan dan biasa direkomendasikan untuk orang yang memiliki masalah kegemukan.

Serat tersebut juga dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh dan pencernaan. Hal inilah yang membuat buah tin akan sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh


Manfaat buah tin salah satunya adalah dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini bisa didapatkan karena buah tin memiliki kandungan multivitamin dan mineral yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu. 

Adanya antioksidan dalam buah tin juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel dalam tubuh. Tentunya, buah ini sangat cocok dikonsumsi ditengah pandemi virus yang berkepanjangan saat ini.

4. Mencegah Eksim


Buah tin memiliki vitamin, antioksidan, dan mineral yang sangat baik untuk kulit. Dengan mengonsumsi buah ini bisa mengobati berbagai masalah kulit, seperti eksim, vitiligo, dan psoriasis.

5. Mencegah Anemia


Buah tin selain dikenal kaya antioksidan, juga mengandung zat besi yang sangat tinggi. Buah ini mampu meningkatkan jumlah hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

6. Mencegah Sembelit


Kandungan buah tin juga terbukti efektif mengatasi masalah sembelit. Pasalnya, buah tin memiliki manfaat dan kandungan khusus yang membantu memperlancar fungsi usus.

Serat yang bekerja untuk menambah massa di dalam usus membuat usus akan terangsang untuk bergerak, dan menyebabkan sembelit maupun diare akan dapat dicegah dan menghilang.

7. Mengatasi Hipertensi


Dapat mengatasi masalah hipertensi, karena memiliki banyak kandungan kalium dan rendah akan sodium yang mampu mengatasi hipertensi. Buah tin juga sebagai sumber bahan makanan alami yang dapat menenangkan saraf.

8. Membantu Cegah Kanker


Khasiat buah tin untuk kesehatan berikutnya adalah membantu mencegah kanker. Asam lemak dan fenol yang terkandung di dalam buah tin dapat menurunkan risiko terkena kanker kulit.

Kandungan enzim proteolitik di dalamnya juga dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker di lambung. Kandungan serat tin akan bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan dan membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker perut, usus besar, dan kanker payudara.

9. Memperkuat Tulang


Manfaat lain dari buah ara ini adalah dapat memperkuat tulang. Dengan adanya kandungan kalsium yang tinggi, buah tin juga bisa mengurangi risiko anda terkena penyakit osteoporosis.

Buah ara juga memiliki kandungan yang kaya akan fosfor yang mendorong pembentukan tulang dan memacu regenerasi jika ada kerusakan atau degradasi pada tulang.

10. Mencegah Penyakit Jantung Koroner


Buah tin juga terbukti dapat mencegah penyakit jantung koroner. Dengan kandungan fenol, asam lemak omega 3 serta asam lemak omega 6, buah tin dipercaya memiliki manfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Selain itu, daun tin ternyata juga memiliki manfaat untuk menurunkan jumlah trigliserida total. Kandungan trigiiserida merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab utama terjadinya berbagai jenis penyakit jantung.

Baca juga: Mulai Konsumsi Mangga Setiap Hari Selama 1 Bulan, Lalu Lihat Apa yang Terjadi pada Tubuh Anda

Ringkasan


Itulah manfaat buah tin untuk kesehatan, Anda dapat mengkonsumsi buah tin dengan cara mengolahnya menjadi jus maupun teh.