-->

Hamil Diluar Nikah Lalu Menikah Apakah Sah

Jika ada sebuah kejadian hamil diluar nikah dan si pria ingin menikahi perempuan maka hal tersebut boleh secara hukum. Pergaulan bebas dan perilaku zina baca zina dalam islam dapat menyebabkan seorang wanita hamil diluar nikah.


Akui Hamil Di Luar Nikah Sekarang Usia Kandungan Istri Marcell Darwin 4 Bulan Kapanlagi Com

Ulama malikiyah juga sependapat dengan ulama hanabilah bahwa wanita yang hamil memiliki masa iddah.

Hamil diluar nikah lalu menikah apakah sah. Adapun ulama yang tidak mengesahkan perkawinan wanita hamil zina adalah pendapat ulama mazhab Hanbali yang di Indonesia dianut oleh kalangan Wahabi dan Muhammadiyah. Apabila seorang perempuan berzina kemudian hamil dan dinikahi oleh lelaki yang menghamilinya. Apabila dia mengetahui hukumnya lalu dia masa bodo dan dia tetap menikahi wanita tersebut maka pernikahannya itu bathil.

- Kompilasi Hukum Islam KHI Bab VIII Kawin Hamil sama dengan persoalan menikahkan wanita hamil. Saat ini banyak kejadian anak SMA hamil diluar nikah kemudian langsung dinikahkan oleh keluarganya untuk menutupi aib. Jika dia menjimaknya maka jika hamil sang anak akan dinisbatkan kepada suami bukan kepada laki-laki yang menzinahinya.

Dengan dilangsungkannya perkawinan saat wanita hamil tidak diperlukan perkawinan ulang setelah anak yang dikandung lahir. Termasuk jika yang menikahinya bukan pria yang menghamilinya. Dan sejak mereka menikah tentunya mereka telah melakukan hubungan suami isteri secara sah.

Hukum menikahi perempuan yang hamil di luar nikah. Adapun jika wanita yang berzina tersebut tidak memiliki suami maka sebelum menikah dia harus memastikan rahimnya bebas dari kehamilan dengan sekali haid berdasarkan pendapat yang lebih kuat. Artinya wanita yang hamil di luar nikah dapat dinikahkan sesegeranya tanpa harus menunggu kelahiran anaknya.

Saudara perempuan saya mempunyai hubungan dengan seseorang. Setelah menikah laki2 td tidak mau memberi nafkah dan setelah nanti anak itu. Buat apa diulang kalau pernikahan mereka sudah sah.

Adapun masalah status anak menurut sebagian ulama jika anak ini lahir 6 bulan setelah akad nikah maka si anak secara otomatis sah dinasabkan pada ayahnya tanpa. Namun sebagian ada yang mengalami kecelakaan sehingga hamil di luar nikah akibatnya tak jarang status perempuan dan calon bayinya dipertanyakan. Adik ipar saya punya temen perempuan yang hamil diluar nikah.

Hukum Pernikahan Wanita Hamil. Pernikahan wanita hamil zina dengan pria yang menghamilinya itu hukumnya sah dan tidak perlu mengulangi akad nikah setelah anak lahir. Saat ini dia sudah dinikahi oleh laki2 yang menghamilinya tapi hanya untuk mendapatkan akte kelahiran atas anaknya nanti.

Artinya wanita yang hamil karena perzinahan dapat dinikahkan segera tanpa harus menunggu kelahiran anaknya. Wanita yang hamil diluar nikah dianggap membawa aib bagi keluarganya dan ia biasanya kan segera dinikahkan untuk menutupi aib tersebut oleh keluarganya dan menghindari konflik dalam keluarga. Seorang wanita hamil di luar nikah dapat dinikahkan dengan pria yang menghamilinya.

Untuk mereka yang hamil dalam masa iddah atau ditinggal mati suami pernikahan mereka tidak sah. Hal tersebut sudah ada di dalam pasal 53 ayat 1 KHI dan pasal 53 ayat 2 KHI yang menyatakan bahwa perkawinan wanita yang hamil diluar nikah dapat dilangsungkan tanpa menunggu. Berdasarkan beberapa dasar hukum islam hukum menikah saat hamil dianggap sah.

Mereka boleh menikah lagi setelah melahirkan dan habis masa nifas. Tidak perlu lagi ada pernikahan ulang. Mayoritas ulama dari Imam Syafii dan Abu Hanifah berpendapat tidak ada iddah bagi wanita yang hamil di luar nikah untuk melangsungkan pernikahan.

Menurut Fuqoha Terjadinya wanita hamil di luar nikah yang hal ini sangat dilarang oleh agama norma etika dan perundang-undangan negara selain karena adanya pergaulan bebas juga karena lemah rapuhnya iman pada masing-masing pihak. Mayoritas ulama dari Imam Syafii dan Abu Hanifah berpendapat tidak ada masa iddah bagi wanita yang hamil diluar nikah untuk melangsungkan pernikahan. Sedihnya tak jarang pria yang menghamili lari dari tanggung.

Apakah setelah anak itu lahir pernikahan harus diulang. Dan sejak mereka menikah tentunya mereka telah melakukan hubungan suami isteri secara sah. Adik perempuan saya menikah tanpa persetujuan bapak.

Jika wanita tetap menikah dalam keadaan hamil maka pernikahan itu tidak sah menurut ulama Hanabilah. Perkawinan Wanita Hamil Menurut Hukum Islam 1. Jika terjadi seperti ini maka anak tersebut dinasabkan kepada ibunya bukan kepada laki-laki yang menzinai dan menghamili ibunya bapak zinanya walaupun akhirnya laki-laki itu menikahi ibunya dengan sah.

Jadi pernikahan perempuan hamil di luar nikah tetap sah. Hukum Menikahi Perempuan Hamil dalam Islam. Ini pendapat mazhab Syafii.

Telah jelas dari jawaban di atas bahwa perempuan yang hamil baik hamil karena pernikahan sah syubhat atau karena zina iddahnya adalah sampai melahirkan. Oleh karena itu pernikahan wanita hamil dengan pria yang menzinainya maupun yang tidak menzinainya tidaklah sah sampai wanita tersebut melahirkan. Pasal 53 dari BAB tersebut berisi tiga 3 ayat yaitu.

Pada saat itu ia sudah hamil. HAMIL DI LUAR NIKAH DAN MASALAH NASAB ANAK ZINA 1. Mazhab yang dianut mayoritas muslim Indonesia.

Adapun masalah status anak menurut sebagian ulama jika anak ini lahir 6 bulan setelah akad nikah maka si anak secara otomatis sah dinasabkan pada ayahnya. Pernikahan tersebut adalah pernikahan yang tidak sah. Buat apa diulang kalau pernikahan mereka sudah sah.

Dan para ulama sepakat bahwa akad nikah pada masa iddah adalah akad yang batil lagi tidak sah. Karena masa iddah hanya milik mereka yang menikah. Sedangkan perempuan hamil di luar nikah tidak memiliki iddah.

Lantas bagaimanakah hukumnya jika wanita yang hamil di luar nikah. Bagaimana hukumnya pernikahan yang dilakukan saat mempelai wanitanya sedang dalam keadaan hamil akibat hubungan pra nikah. Dalam mazhab Hanafi hal ini dijelaskan lebih rinci meskipun boleh menikahi wanita yang sedang hamil.

Lazimnya seorang perempuan hamil setelah menikah sehingga status anaknya sah dan jelas. Pendapat ini adalah pendapat Syafii. Yang ingin saya tanyakan.

Dan tidak diperbolehkan bagi seorang yang telah mengetahui hukum ini lalu kemudian dia menikahi seorang wanita yang dalam keadaan hamil. Dia lari ke rumah pacarnya dan menikah dengan wali hakim tanpa seizin bapak. Apakah pernikahan itu sah.

Tidak perlu lagi ada pernikahan ulang.


Kanwil Kemenag Sumatera Selatan


Sah Sule Resmi Menikah Dengan Nathalie Holscher


Hukum Menikah Kartun Pengingat Diri Agama


Hukum Menikah Saat Hamil Duluan Dan Nasab Anaknya Buya Yahya Menjawab Youtube


Menikah Dalam Kondisi Hamil Apa Hukumnya Dalam Islam Islampos


8 Seleb Ini Pernah Diisukan Hamil Sebelum Menikah Padahal Hoax Idn Times Jabar


Hukum Menikahi Wanita Hamil Di Luar Nikah Bincang Syariah


Istri Marcell Darwin Hamil Duluan Ustadz Abdul Somad Nikahnya Sah Tapi


Islam Larang Menikahi Wanita Hamil Sebab Zina Ini Alasannya Republika Online


Pasangan Agama Islam Katolik Menikah Di Indonesia Boleh


Hukum Menikahi Perempuan Hamil Dalam Islam Okezone Muslim


Menikah Saat Hamil Di Luar Nikah Sah Atau Haram Inilahkoran Com


Hukum Menikahi Perempuan Yang Hamil Di Luar Nikah Yuk Simak Okezone Muslim


Hamil Anak Pertama Zaskia Gotik Tepis Isu Hamil Di Luar Nikah Pas Menikah Aku Lagi Subur Semua Halaman Grid Fame


Hukum Menikah Dengan Wanita Yang Hamil Bukan Akibat Zina Republika Online


Hukum Pernikahan Wanita Hamil Di Luar Nikah


Menikah Dengan Wanita Hamil Akibat Zina Apa Hukumnya Republika Online


Timbanglah Hal Hal Ini Saat Akan Menikah Beda Agama


Hamil Diluar Nikah Agama Pengetahuan Kutipan Pernikahan


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel