Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Perlu Dilakukan

Pru Sehat, Cara menjaga kesehatan telinga penting untuk diperhatikan karena jika tidak dirawat dengan baik maka bisa berakibat fatal misalnya kehilangan pendengaran atau pendengaran menjadi terganggu. 

Cara menjaga kesehatan telinga

Telinga merupakan organ yang memiliki bagian-bagian penting di dalamnya. Agar organ bisa tetap berfungsi sebagaimana mestinya, ikuti beberapa cara merawat telinga berikut.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Telinga merupakan organ yang semakin tua umur Anda maka fungsinya akan mengalami penurunan. Sama dengan mata yang akan mengalami penurunan penglihatan ketika makin tua. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan perawatan telinga sejak dini.

1. Jauhkan Telinga dari Suara Keras

Tips merawat telinga yang benar adalah dengan melindunginya dari suara keras. Telinga memiliki fungsi untuk mendengar akan tetapi kemampuan mendengarkan telinga tentu memiliki batasannya. 

Jangan sampai organ di dalam telinga mengalami kerusakan karena terlalu sering mendengar suara keras. Anda harus pandai mengontrol suara yang masuk karena tidak semua suara itu aman untuk telinga. 

Apabila Anda berada di lingkungan dengan suara keras, lebih baik lindungi dengan pelindung telinga. Ketika mendengarkan musik, alangkah baiknya untuk tidak mengencangkan volumenya.

Jauhkan telinga Anda dari mendengarkan dua suara keras dalam waktu yang bersamaan, hal ini bisa merusak indera pendengaran. Anda bisa menggunakan earplug jika sedang pergi konser untuk menyumpal telinga agar tetap aman.

2. Membersihkan Headset Secara Rutin

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk melindungi telinga adalah dengan membersihkan headset secara rutin, misalnya seminggu sekali. Selain membersihkan telinga, headset juga benda yang harus dibersihkan agar tidak ada kotoran masuk ke dalam telinga ketika digunakan.

Jika dibiarkan dalam waktu yang lama maka kotoran tersebut akan berubah menjadi bakteri penyebab penyakit pada telinga. Cara merawat headset juga tidak sulit karena hanya membutuhkan bahan berupa sikat gigi baru, lap kering, sabun cuci, dan air hangat.

Caranya pertama jika headset memiliki silikon maka lepaslah silikonnya terlebih dahulu. Kemudian, rendam silikon tadi selama beberapa saat lalu angkat dan keringkan. Bersihkan headset dengan sikat gigi kering, jangan sampai terkena air. Setelah itu, Anda bisa menggunakannya lagi.

3. Memeriksa Telinga Secara Rutin

Cara menjaga kesehatan telinga yang berikutnya adalah dengan memeriksanya secara rutin ke dokter THT. Apalagi jika usia Anda sudah semakin tua, maka pemeriksaan telinga harus sering dilakukan. Dokter akan mengecek apakah Anda mengalami gangguan pendengaran atau tidak.

Saat pergi ke dokter THT, biasanya Anda akan diminta untuk mengikuti tes pendengaran. Setelah itu, dokter akan memeriksa kotoran pada telinga lalu dibersihkan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi kesehatan telinga Anda. Jika mengalami gangguan maka bisa langsung diobati.

4. Headset Tidak Boleh Terkena Kuman

Cara berikutnya adalah lindungi headset dari paparan bakteri dan kotoran. Mungkin tanpa disadari Anda sering meletakkan headset di tempat yang banyak kuman atau meminjamkannya pada orang lain. Jika benar, maka Anda bisa langsung membersihkan headset tersebut dengan cara di atas.

Jangan sampai dibiarkan terlalu lama karena bakteri yang mengendap dapat membahayakan kondisi telinga. Setelah dibersihkan, Anda bisa menyimpannya di tempat yang aman dan jangan sampai orang lain menggunakannya.

Hal ini harus diperhatikan khususnya untuk orang yang suka menggunakan headset. Anda harus tahu bagaimana cara membersihkan headset, melindunginya agar tidak terkena kuman, dan batasan dalam menggunakan headset.

5. Pastikan Telinga Tetap Kering

Cara berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan bahwa telinga selalu dalam kondisi kering. Jika telinga Anda dalam kondisi yang lembab atau basah, maka bakteri akan mudah masuk ke dalam telinga. Salah satu penyakit yang akan menyerang telinga Anda adalah otitis eksterna.

Otitis eksterna merupakan sebuah penyakit dengan nama lain swimmer’s ear. Otitis eksterna merupakan sebuah infeksi telinga yang menyerang bagian kulit tipis telinga. Kulit tipis ini merupakan sebuah pembungkus telinga di bagian luar.

Penyebab utama otitis eksterna adalah adanya penumpukan bakteri di telinga. Oleh karena itu, sebaiknya segera keringkan telinga Anda ketika selesai berenang. Otitis eksterna dapat menyerang telinga beberapa saat setelah berenang.

6. Membersihkan Telinga dengan Tepat

Cara menjaga kesehatan telinga yang berikutnya adalah membersihkan telinga dengan tepat. Banyak orang yang masih tidak tahu bagaimana caranya merawat telinga dengan baik, itulah yang menyebabkan telinga dapat terserang penyakit.

Cotton bud sebenarnya tidak dianjurkan untuk membersihkan telinga karena kotoran akan tambah masuk ke dalam. Selain itu, beberapa bagian telinga seperti gendang telinga juga sensitif dengan beberapa benda.

7. Jangan Melakukan Terapi Ear Candle

Ear candle merupakan sebuah terapi yang tidak dianjurkan dilakukan oleh para dokter. Cara ini tidak begitu efektif untuk membersihkan telinga karena manfaatnya juga tidak jelas. Bahkan, terapi ini dapat menyebabkan terjadinya cedera telinga.

Artikel terkait: Cantik Sempurna dengan Maskara Tahan Air

Setelah mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan telinga, kini Anda sudah bisa langsung mempraktikkannya. Anda bisa memulainya satu persatu dari cara yang mudah dilakukan. Apabila telinga bersih, maka penyakit tidak akan mudah masuk. 

FAQ

A. Bagaimana cara menjaga kesehatan telinga kelas 4?

Telinga berperan penting dalam proses mendengar, oleh sebab itu kita bisa melakukan beberapa cara agar dapat menjaga kesehatan dan perawatannya:

  • Hentikan Kebiasaan Mengorek Telinga. 
  • Jangan Mendengarkan Suara yang Terlalu Keras. 
  • Jagalah Telinga Tetap Kering.
B. Bagaimana cara menjaga kesehatan telinga brainly?

  • Bersihkan Telinga dengan Benar. Anatomi telinga terdiri dari tiga bagian utama, yakni bagian dalam, tengah, dan luar. 
  • Hindari Cotton Bud.
  • Hindari Telinga dari Suara Keras. 
  • Hindari Penggunaan Earphone.
  • Jaga Telinga Agar Tetap Kering.
  • Rutin Periksa ke Dokter.