Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Yang Mengandung Protein Jika Diuji Menggunakan Larutan Biuret Akan Menghasilkan Warna

Makanan Yang Mengandung Protein Jika Diuji Menggunakan Larutan Biuret Akan Menghasilkan Warna. Menghasilkan perubahan warna menjadi ungu atau lembayung. Dibuat larutan bahan makanan yang akan diuji.

Kasih Tau Dong Gan Plus Caranya - Brainly.co.id
Kasih Tau Dong Gan Plus Caranya - Brainly.co.id from brainly.co.id

Bila makanan ditetesi biuret, akan berubah warna menjadi ungu, maka mengandung protein, yakni tahu, putih telur, dan tempe. Ditemukan di banyak sumber bahwa, tempe merupakan sumber protein nabati. Kekurangan protein akan diubah menjadi senyawa nitrogen yang dibuang memalui ginjal.

Jika Kertas Menjadi Transparan Atau Buram, Maka Bahan Yang Diuji Mengandung Lemak.


Pada praktikum kali ini, amilum terdapat pada nasi putih. Semakin gelap warna yang di hasilkan maka semakin banyak kandungan amilum yang terdapat pada bahan makanan tersebut. Yang merupakan sumber protein adalah asi dan tahu, termasuk roti juga (roti tertentu).

Pada Uji Karbohidrat, Larutan Yang Telah Ditetesi Oleh Lugol Maka Larutan Tersebut Akan Berwarna Ungu.


Benedict digunakan untuk menguji kandungan glukosa pada makanan. Uji biuret merupakan uji umum mengidentifikasi keberadaan protein atau asam amino. Bahan makanan yang mengandung protein akan berwarna ungu, semakin tua warna ungu menunjukan protein semakin banyak dan sebaliknya semakin muda warna ungu, kandungan protein semakin sedikit.

Protein Hewani Mengandung Asam Amino Yang Lebih Lengkap Daripada Protein Nabati.


Jika bahan makanan ditetesi dengan larutan lugol akan berwarna ungu, biru tua, hijau gelap, dan hitam maka bahan makanan tersebut mengandung amilum. Baru kemudian diberi larutan tembaga sulfat. Biuret digunakan untuk menguji kandungan protein.

Tahu Juga Sedikit Mengandung Karbohidrat.


Karena ikatan protein dengan biuret yang menghasilkan dasar reaksi kompleks berkoordinasi antara dengan gugus dan nh ikatan peptida dalam larutan alkalis. Pembakaran 1 gram protein menghasilkan energi 4,1 kilokalori. Bahan makanan yang paling banyak kandungan zat makanannya adalah roti, tahu, dan asi.

Merupakan Struktur Primer Dari Suatu Protein Adalah.


Uji protein, roti tidak mengandung protein karena setelah ditetesi reagen biuretwarna ungu hanya sedikit diatas dan sisanya hanya warna putih. Kekurangan protein akan diubah menjadi senyawa nitrogen yang dibuang memalui ginjal. Hasilnya berupa warna ungu atau lembayung.